ManadoUpdate.com - Gubernur Olly Dondokambey (OD) yang turut didampingi oleh Sekertaris Komisi 2 DPRD Sulut Rocky Wowor bertemu dengan sejumlah putra-putri asal Sulut yang merupakan peserta Magang di Jepang, Minggu (26/03/2017) malam waktu setempat.

Dalam jamuan makan malam, salah satu peserta magang asal Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Marco Mailoor, mengatakan program magang yang membawanya ke Jepang tidak lepas dari peranan gubernur dan Meidy Lensun yang memprakarsai program tersebut hingga dapat dilaksanakan di tempat tinggalnya. Menurut Marco pengalaman menjadi kenshusei (siswa magang) membuat dirinya dan peserta magang lainnya bisa mendapatkan ilmu, etos kerja, dan disiplin kerja yang baik.

 Menanggapi hal tersebut, Gubernur Olly mengatakan pengembangan kerja sama antara IM Jepang dan Sulut akan lebih difokuskan. OD bahkan berencana akan membuka lowongan kerja magang sebanyak mungkin.

 Program magang ini adalah kerja sama Kemenakertrans, IM Japan dan pemerintah daerah, khusus bagi putra putri lulusan SMA sederajat usia 19-26 tahun tanpa cacat fisik dan mengikuti tes matematika, kesamaptaan, lari, push up, sit up dan wawancara, dan pemeriksaan kesehatan.

 Sebagai kompensasi menjadi peserta magang cukup menggiurkan. Setiap peserta magang akan mendapatkan tunjangan sebesar 15 juta setiap bulan dan mendapatkan modal kerja setelah menyelesaikan program.

Hadir juga dalam pertemuan ini antara lain, Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw, Sekprov Sulut Edwin Silangen, Rektor Unsrat Ellen Kumaat dan Kadis Diknas Gemmy Kawatu.
(Jimmy)